Menunjuk

MENUNJUK

Anak Autis mengalami kesulitan dengan segala cara berkomunikasi. tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan Bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Anak-anak (dan orang dewasa) pada umumnya menggunakan bahasa tubuh sepanjang waktu, serta menggunakan spontanitas supaya untuk dimengerti oleh orang lain. Bayi pun telah menggunakan bahasa tubuh sejak lahir, dan dengan sengaja, sementara anak-anak autis tidak mengerti bagaimana menggunakan bahasa tubuh dengan tepat.

Menunjuk adalah gerakan yang pertama dan paling utama.
isyarat tubuh adalah sinyal yang membuat seseorang bermaksud untuk dilihat dan dimengerti oleh orang lain. Biasanya orang yang membuat gerakan itu mencoba untuk membuat kontak mata dengan orang yang dituju, untuk memastikan mereka telah menerima pesan tersebut.

Banyak anak autis akan mengambil benda dari rak yang paling tinggi sekalipun, dengan  tangan mereka sendiri, atau menangis ketika mereka tidak bisa mencapainya tetapi mereka tidak memberikan kontak mata kepada orang tua hanya kepada benda yang dituju.
seringkali orang tua mengartikan itu sebagai isyarat tubuh, kemudian datang untuk membantu anak dan ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan. namun keinginan untuk melaih benda semacam ini bukanlah sebuah bahasa tubuh karena anak tidak menggunakan sebagai suatu sinyal. Itu hanyalah tindaka karena ketidakberhasilan anak untuk melakukannya sendiri. hal serupa yaitu anak menarik tangan orang tua atau orang lain untuk meminta bantuan di tempat yang ingin dituju misanya membuka pintu kamar atau kulkas. Itu bukanlah sinyal atau pesan untuk kita, sebab mereka tidak melihat ke arah kita untuk meyakinkan apakah kita mengerti yang anak mau. Apa yang anak-anak autis lakuka ini seringkali merka gambarkan bahwa tangan kita ini sebagai Alat yang bs diguakan untuk membuka apa yang mereka tuju atau inginkan. bukan mencari bantuan sebagai Individu.

Mengapa perlu mengajarkan menunjuk ?
1. Tidak semua keinginan disampaikan dengan kata atau kalimat panjang
2. Supaya anak menyadari bahwa komunikasi itu juga dapat memberikan sinyal kepada orang lain dengan membangun kontak mata dan bahasa tubuh.
3. Melatih komunikasi dan interaksi untuk anak yang Non Verbal.

Materi apa yang dapat dikembangkan dengan menunjuk ?
1. Menunjuk bagian tubuh ketika ditanya "Mana...(hidung, kaki, dll)
* Untuk anak yang Verbal, anak melakukan gerakan menunjuk bagian tubuhnya sambil berkata "ini"
* Untuk anak yang Non Verbal, anak melakukan gerakan menunjuk saja sambil melihat terapis atau orang tuanya untuk meyakinkan bahwa apa yang anak lakukan benar.

2. Menunjuk bend/gambar dekat atau jauh
* Untuk anak yang Verbal, anak melakukan gerakan menunjuk benda atau gambar jarak dekat sambil mencari dan berkata "ini" atau "itu" pada aktifitas benda yang jauh.
* Untuk anak yang Non verbal, anak melakukan gerakan menunjuk benda atau gambar dengan melakukan konak mata terhadap terapis atau orang tuanya.
* pengembangan dapat dilakukan kepada subjek..melihat dan menunjuk orng laindari jarak dekat atau jarak jauh.

3. Menunjuk untuk memilih.
* anak dapat memilih dengan tawaran pilihan jawaban yang diajukan padanya.

Melatih menunjuk :
1. Imitasi buka tutup tangan
2. imitasi menunjuk
3. melatih kemampuan motorik halus..menunjuk telapak tangan, beradu jari telunjuk, dll
4. Mengelem
5. Menekan playdoh
6. Menggulung playdoh tipis
7. Menunjuk benda/gambar
8. Tingkatkan kemampuan secara bertahap.
9. Rayakan Keberhasilan

Riska Timothy
£Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis
£ Applied behavior Analysis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanganan pada Autisme

Bagaimana Berinteraksi dengan penyandang Autisme

Kemampuan Bertanya