KEPATUHAN (ABA)
KEPATUHAN
(Applied Behavior Analysis)
OBJEKTIF
1. Untuk mengajar anka bagaimana
mengikuti istruksi yang disertai gerak tubuh untuk memudahkan anak mengerti.
Tujuannya untuk meningkatkan kemauan untuk patuh terhadap perintah sederhana
yang dapat dimengerti anak.
2. Item-itemnya :
a.
Kemampuan
Kesiapan Belajar
Kemampuan mengikuti perintah dasar
dalam persiapan belajar :
·
Kesini
·
Duduk
·
Berdiri
·
Tangan
dilipat
·
Lihat
·
Mengambil
benda-benda
·
Menunggu
b.
Kemampuan
Bahasa Reseptif
Kemampuan mengikuti perintah dalam
tiap tahapannya.
·
Perintah
1 tahap
·
Perintah
2 tahap
·
Perintah
3 tahap
·
Mengambil
2 – 5 benda
c.
Kemampuan
Sosialisasi
Kemampuan memahami perintah dan
melakukan perintah dalam proses bersosialisasi. Kemampuan ini diperlukan respon
cepat dari anak, memahami tahapan dasar pada kepatuhan dasar, juga pada
lambang/logo-logo atau aturan - aturan yang ada dalam masyarakat.
·
Kemampuan
mengikuti Upacara Bendera
Berbaris dalam jumlah kelomok besar,
mendengarkan dan melaksanakan apa yang diperintahkan, kemampuan menunggu.
·
Kemampuan
Berbaris
Berbaris dalam jumlah kelompok kecil,
memahami perintah atau isyarat pemimpin barisan, memahami urutan barisan
·
Kemampuan
menunggu
Anak mampu menunggu tanpa melakukan
aktifitas..seperti misalnya duduk tanpa melakukan aktifitas (kesiapan diri saat
di sekolah-anak selesai mengerjakan sementara ada teman yang belum selesai,
menunggu di ruang tunggu, menunggu saat ibadah di gereja/ sholat di masjid,
pura, wihara, klenteng, menunggu di apotik, duduk diam saat bertamu)
·
Kemampuan
memahami aturan di jalan raya
Anak mampu dalam mengikuti
aturan-aturan di jalan, (menyeberang jalan, paham lampu lalu lintas, paham
rambu-rambu lalu lintas, paham fungsi-fungsi tempat atau lokasi, patuh dalam
bersikap..misalnya di zebra cross, di pom bensin, di lapangan, di bioskop, di
rumah sakit, dll)
·
Kemampuan
bertamu
Patuh dalam sikap bertamu. Duduk
diam, duduk sopan, mengikuti pembicaraan, bermain dengan tenang, dll
·
Kemampuan
di sekolah
Mengikuti tugas di sekolah dengan
baik. Mengikuti peimpin atau bisa memimpin, mengikuti perintah-perintahdasar di
kelas..misalnya kumpulkan, kesini, kerjakan di papan tulis, kembali ke tempat
duduk, hapus papan tulis, ambil buku, buka halaman, dll.
d.
Kemampuan
Pre Akademik dan Akademik
Penyesuaian dan pengembangan terhadap
kemampuan dasar perintah. Pada kemampuan ini diharapkan anak dapat
menggeneralisasikan perintah dengan cepat dan tanggap. Juga diarahkan pada
kemampuan memperhatikan dengan seksama guru yang mengajar di depan..disini
diharapkan juga anak mampu memperhatikan dan mendengar perintah jarak jauh.
Kepatuhan pada kemampuan ini meliputi :
·
Imla
·
Mengerjakan
buku halaman/bab
·
Mengerjakan
PR
·
Memahami
jadwal belajar
·
Memahami
konsekuensi bila aturan tersebut dilanggar
·
Paham
garis pada buku
·
Patuh
aturan menulis
·
Patuh
aturan mewarna
·
Paham
perintah berupa bacaan
PROSEDUR
Pogram kepathan adalah dasar untuk memudahkan anak dapat
sukses untuk mengikuti perintah dan dengan perlahan-lahan perintah itu
ditingkatkan. Awalnya anak hanya diminta untuk menyelesaikan tugas-tugas yang
benar-benar disukai. misalnya, anak diminta untuk makan sebuah snack, bermain
dengan sebuah mainan yag disukainya atau bahkan benda penyebab dia stimulasi.
Beberapa instruksi dapat dengan senang hati mendatangkan
kepatuhan, dengan demikian ciptakan sebuah kesempatan agar anak mendapat
imbalan setelah diberi instruksi. Perahan-lahan instruksi-instruksi menjadi
lebih sedikit kurang menyenangkan sambil terus memelihara imbalan yang
exstensif untk kepatuhan.
PETUNJUK UNTUK
MEMUDAHKAN KEPATUHAN
1.
Hanya memberikan
instruksi yang kita inginkan anak mengerjakannya. Tugas – tugas yang diberikan
sesuaikan dengan usia anak.
2.
Jangan memberikan
instruksi bermacam – macam dalam jangka waktu yang pendek (mis : tiga instruksi
dalam 10 detik). Sebaliknya, anda akan meningkatkan ketidakpatuhan dan malah
mengacaukan situasi.
3.
Menawarkan anak
dengan pilihan-pilihan yang positif (“Kamu mau bermain?”)
4.
Juga tawarkan anak
dengan pilihan yang agak memaksa (mis,”Kamu mau mandi?”)
5.
Ketika anak tidak
mengikuti perintah, anda harus senetral mungkin.
6.
Usahakan untuk
memberi kemudahan bagi anak agar patuh dengan menyajikan tugas yang tidak
disukai diantara tugas-tugas yang mudah. Buatlah tugas dan lingkungan yang
menyenangkan untuk menunjang kepatuhan.
7.
Sensitiflah akan
keinginan anak. Mis, ketika anak akan menutup pintu, katakana “Tutup pintu” dan
beri dia imbalan
8.
Berikan
instruksi secara perlahan agar anak dapat menyimak apa yang diperintahkan.
9.
Siapkan anak dalam
ruangan yang dapat dikontrol.
10.
BERIKAN ANAK
IMBALAN/REWARD YANG BERARTI KETIKA DIA MENGERJAKAN TUGAS.
Komentar
Posting Komentar