Kognitif (Milestone)

Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berpikir. Kemampuan kognitif ini berkembang secara bertahap, sejalan dengan perkembangan fisik dan syaraf-syaraf yang berada di pusat susunan syaraf. Salah satu teori yang berpengaruh dalam menjelaskan perkembangan kognitif ini adalah teori Piaget. Jean Piaget, yang hidup dari tahun 1896 sampai tahun 1980, adalah seorang ahli biologi dan psikologi berkebangsaan Swiss. Ia merupakan salah seorang yang merumuskan teori yang dapat menjelaskan fase-fase perkembangan kognitif. Teori ini dibangun berdasarkan dua sudut pandang yang disebut sudut pandang aliran struktural (structuralism) dan aliran konstruktif (constructivism). Aliran struktural yang mewarnai teori Piaget dapat dilihat dari pandangannya tentang inteligensi yang berkembang melalui serangkaian tahap perkembangan yang ditandai oleh perkembangan

PROGRAM KEMAMPUAN KOGNITIF
1. Menirukan kata-kata dan perbuatan orang dewasa
2. Bereaksi terhadap perkataan dan perintah
3. Memasangkan benda serupa
4. Memahami konsep kamu dan saya
5. Kemampuan konsentrasi
6. Belajar bereksplorasi
7. Mengiku perintah sederhana
8. Melengkapi gambar
9. Memasangkan berbagai benda
10.  Menyusun menara gelang
11.  Mengenal diri dari cermin
12.  Mengenal objek
13.  Memberi keterangan
14.  Meniru perbuatan orang dewasa
15.  Konsentrasi saat berekplorasi (9Menit)
16.  Mulai mengerti penggunaan benda-benda
17.  Mengenal hari dalam seminggu
18.  Mengurutkan bilangan 1-5
19.  Membilang 1-5
20.  Menghubungkan bilangan yang sama 1-5
21.  Mengenal konsep waktu : kemarin, besok, lusa
22.  Mengenal dan memasangkan enam warna 
23.  Menyusun balok atau gelang-gelang berdaasarkan ukuran
24.  Membuat gambar bentuk yang dapat dikenal
25.  Mengemukakan pertanyaan : Mengapa, Bagaimana
26.  Mengetahui umur sendiri
27.  Mengenal konsep waktu (siang, pagi, sore, malam)
28.  Melengkapi gambar sederhana
29.  Mengerjakan maze
30.  Mengurutkan angka 1-10
31.  Membilang angka 1-10
32.  Memahami konsep sama dan tidak sama
33.  Menyusun puzzle 
34.  Mengenal konsep bilangan dan benda 1-10
35.  Mengenal nama bulan dalam setahun 
36.  Mengembangkan konsep visual ruang
37.  Memahami konsep symbol
38.  Mampu berkonsentrasi 12 menit
39.  Memahami ungsi dan pengelompokan benda
40.  Memahami konsep masa lalu dan yang akan dating
41. Memahami kosep bagian dari keseluruhan
42.  Mengucapkan kata-kata berirama dan mempunyai bunyi yang sama
43.  Memahami konsep besar – kecil
44.  Memahami konsep banyak - sedikit
45.  Mengurutkan bilangan 1-15
46.  Membilang 1-15
47.  Menghubugkan bilangan dengan angka 1-15
48.  Memahami konsep sama beda
49.  Memahami konsep perbandingan ukuran dan jumlah
50.  Mengenal konsep bilangan dan benda 1-15
51.  Memahami tekstur : kasar, halus, dll
52.  Membedakan rasa, bau, suara
53.  Mengerjakan puzzle
54.  Menggambar sesuatu dari gabungan bangun geometri
55.  Mengenal konsep penambahan dan pengurangan
56.  Mengenal ukuran panjang dengan jengkal, sedepa, selangkah
57.  Body image
58.  Membedakan mahkluk mati dan mahkluk hidup
59.  Menunjukkan kreatifitas
60.  Memahami konsep posisi ; kanan – kiri, atas – bawah, disamping, di dalam, di luar
61.  Menyebutkan dan menujukkan 4-6 warna
62.  Memasangkan gambar-gambar dari benda yang telah dikenal
63.  Memahami arti dan fungsi waktu, kemarin aau minggu yang lalu
64.  Dapat menyebutkan/memasangkan bagian badan dalam gambar
65.  Kemampuan berkonsentrasi lebih lama (15 menit)
66.  Belajar melalui pengamatan, pedengaran, eksplorasi
67.  Menjelaskan gambar yang dibuatnya
68.  Menggambar orang dengan 2-3 bagian badan
69.  Menceritakan kembali cerita dari buku
70.  Menyebutkan beberapa huruf
71.  Mengurutkan bilangan 1-20
72.  Membilang 1-20
73.  Menghubungkan bilangan dengan angka 1-20
74.  Memahami konsep sama dan beda
75.  Mengenal konsep bilangan dengan benda 1-20
76.  Mengenal sebab akibat
77.  Mengenal asal mula sesuatu
78.  Memahami konsep posisi : Kanan-kiri, atas-bawah, disamping, di dalam diluar
79.  Memahami konsep jam, ½ jam, ¼ jam, menit
80.  Mengumpulkan data dan membuat grafik/daftar
81.  Mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran
82.  Memahami konsep waktu : besok, kemarin, sekarang, nanti, hari ini
83.  Menggunalak alat tulis dengan benar
84.  Menghubungkan waktu dengan jadwal sehari-hari
85.  Mampu berkonsentrasi 17 menit
86.  Memahami konsep waktu mendatang, berkaitan dengan peristiwa penting. Missal : lebaran 2 minggu lagi
Milestone

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanganan pada Autisme

Bagaimana Berinteraksi dengan penyandang Autisme

Kemampuan Bertanya