Kegiatan seputar di rumah


KEGIATAN SEPUTAR DI RUMAH

• Menggambar Bebas
• Main puzzle dari sederhana sampai tingkat tinggi
• Mencari jalan keluar dari Labirin
• Melihat album lama dan bercerita sederhana
• Menonton film
• Membuat gambar dengan bantuan penggaris yang tengahnya ada berbagai bentuk
• Bermain Puzzle bentuk-bentuk geometri
• Mewarnai berbagai bentuk geometri dengan spidol, krayon, cat air, dll
• Bercerita lewat gambar yag ada di hadapannya
• Bermain Balok-balokan
• Membaca
• Menulis kreatif seperti buku harian
• Mengobrol dan mendengarkan obrolan orang lain
• Sering bertanya
• Menceritakan kembali suatu peristiwa
• Memahami isi pembicaraan dengan cepat
• Mengajak ke toko buku
• Belajar Komputer
• Mendalami suatu bacaan dengan 5 W dan 1 H (siapa, dimana, dengan apa, mengapa, apa, bagaimana)
• Mengajari anak menyusun urutan kegiatan melalui permainan kartu
• Mengajari anak menyusun urutan kegiatan dalam barisan kalimat
• Mengajari anak menyusun resep untuk makanan favoritnya
• Mengajari anak menyusun kalimat untuk cara membuat suatu makanan / minuman
• Mengajari anak mencari ide untuk membuat cerita pendek (tokoh dan karakter)
• Berhitung bersama, misalnya jari tangan, kaki, pensil, krayon, spidol, sendok, dll.
• Mengelompokkan objek menurut kategori misalnya mainan pesawat, mainan bola, mainan mobil, dll
• Menata Meja makan
• Mewarnai Bentuk
• membandingkan Ukuran
• Mengajarkan Pola, misalnya : dalam menata balok, bersusun, meronce sedotan, dll
• belajar menggunakan kata matematis, benyak sedikit, besar, kecil, sedang, dll
• Mencari tau cara kerja suatu barang
• Mengajak kegiatan di luar  ruang, misalnya : Jalan perlahan, jalan cepat,, jalan sambil membuat peta, dll
• Membuat Peta atau buku catatan brwarna supaya memudahkan belajar
• Mengetik menggunakan komputer, kalkulator, supaya jari anak selalu bekerja. Kalau ia mengetik di komputer, dukunglah ia bereksperimen dengan berbagai huruf. Bisa juga untuk hiasan di pintu kamarnya
• Bermain boneka tangan
• Field Trip ke Supermaket, Pasar, toko Buah
• Belajar Main Yoyo
• menyanyi di luar kepala dengan kata-kata jelas, bergumam, dengan mengetuk dan menepuk meja
• menyanyi dengan teks lagu yang disiapkan
• menyanyi dengan mengisi titik lirik lagu yang belum lengkap
• Belajar memainkan alat musik (keyboard, Pianika, gitar, Suling)
• mengikuti irama lagu dengan alat musik sederhana (marakas, botol plastik diisi beras, tamborin)
• Mendengarkan lagu baru dan emnghafal iramasambil menggerakkan badan (bisa dengan lagu yang slow, atau lagu yang rame)
• Menyanyi dengan duet bersama ibu, bapak atau kakak
• Menyanyi bergiliran
• menyanyi bersama pada bagian refrain
• Mnyanyi dengan cara susul menyusul (setelah kalimat kedua selesai, penyanyi lain masuk dari kalimat pertama)
• Berdansa berpelukan dengan anak mengikuti lagu slow, seperti dansa waltz
• Ciptakan lagu-lagu  sendiri untuk penghantar anak cuci kaki ketika mau tidur malam
• Membawa alat masak/alat dapur menjadi sarana bermain musik. Centong dijadikan pemukul panci sebagai ganti drum.
• Musik membawa relaksasi buat anak, jadikan musik sebagai bahan hiburan anak.
• diskusi mengenai suatu hal, misalnya banjir,. Tunjukkan gambar banjir dari surat kabar, internet, google Image, koleksi majalah
• Kerja kelompok dalam keluarga, bersama teman sebaya, dll
• Membuat interaksi dialog
• mengajak anak bersosialisasi dengan orang lain (dengan usia yang sebaya, lebih kecil, lebih besar, orang tua, dewasa)
• Mengajari cara berteman lewaqt cerita sosial
• Mengajari anak peduli dengan sesama, dengan cara memasak untuk anak-anak jalanan, mengunjungi panti asuhan, dll
• Mengajak teman sebaya anak untuk berolah raga bersama
• Mengajari anak bermain board game (berbagai bentuk permainan yang menggunakan papan, seperti ular tangga, halma, catur, monopoli, dll)
• Mengajari anak mempunyai empati terhadap sesuatu/seseorang yang sedang mengalami suatu hal
• Mengajari anak memikirkan hal baik yang telah dilakukan sepanjang hari (minimal 2)
• Mengajak anak menambah hal baik lain untuk esok hari
• Mengajari anak mengenal waktu (pagi, siang, sore dan malam hari)
• Memancing anak bercerita tentang pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan
• Memancing anak bercerita tentang sekolahnya sepanjang hari ini
• Mengajak anak mempunyai gambaran akurat dan positif tentang dirinya (rajin, tepat waktu, pandai)
• Mengajak anak menuliskan harapan dan cita-cita (dalam jangka pendek, menengah panjang)
• mengajak anak menulis data tentang dirinya (semacam otobiografi) dengan membongkar fotonya ketika bayi, dst
• Mengajari anak menulis jurnal harian, kegiatan  perasaan dan saat yang berkesan baginya
• Melakukan hobinya seperti membuat prakarya, menghias kamar, dll
• Mengajak anak membaca autobiografi dari orang terkenal
• Piknik di alam bebas
• Mengamati seputar tanaman di halaman rumah
• Mengumpulkan aneka daun yang berbeda bentuk di dalam satu buku tebal (seperti buku kuning telepon)
• Mengoleksi aneka daun yang dikeringkan
• Mengklasifikasikan binatang (berkaki dua, berkaki empat, burung, ikan)
• berkunjung ke museum
• Berkunjung ke kebun binatang
• Berkunjung ke pet shop
• Memelihara binatang peliharaan
• berkemah di dalam kamar mandi/ di dalam rumah/ di teras/ di halaman rumah
• Mengajak berinteraksi dengan binatang lain di area yang lebih besar (misalnya ke peternakan kuda, ke peternakan ayam, ke peternakan kelinci)
• Mengoleksi buku bertema alam, binatang dan tumbuhan
• Menonton tayangan seputar alam di televisi, vcd, dvd
• Menyiram Tanaman
• Memindahkan lokasi tanaman dari pot ke tanah di bawah jendela kamar
• Menguras aquarium / kolam
• Membeli aneka koleksi ikan untuk dipelihara di aquarium

RT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanganan pada Autisme

Bagaimana Berinteraksi dengan penyandang Autisme

Kemampuan Bertanya